Oleh: Lukmanul Hakim Rusdi | 8 Mei 2011

Kamus Perpajakan

Asas Pengenaan Pajak
Asas yang digunakan dalam pengenaan Pajak Penghasilan (PPh):
1. Asas Domisili yaitu asas pemungutan pajak atas domisili atau tempat subjek pajak
2. Asas Sumber yaitu pemungutan pajak berdasarkan sumber penghasilan yang diperoleh oleh Subjek Pajak.

Badan
adalah sekumpulan orang dan/atau modal yang merupakan kesatuan baik yang melakukan usaha maupun yang tidak melakukan usaha yang meliputi perseroan terbatas, perseroan komanditer, perseroan lainnya, badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah dengan nama dan dalam bentuk apa pun, firma, kongsi, koperasi, dana pensiun, persekutuan, perkumpulan, yayasan, organisasi massa, organisasi sosial politik, atau organisasi lainnya, lembaga dan bentuk badan lainnya termasuk kontrak investasi kolektif dan bentuk usaha tetap.

Banding
Banding adalah upaya hukum yang dapat dilakukan oleh Wajib Pajak atau Penanggung pajak terhadap suatu keputusan yang dapat diajukan banding, berdasarkan suatu perundang undangan perpajakan yang berlaku.

Bagian Tahun Pajak
adalah bagian dari jangka waktu 1 (satu) Tahun Pajak.

Biaya Bunga Deposito
Bagaimana perlakuan perpajakan atas biaya bunga deposito? Tidak dapat dikurangkan sebagai biaya karena bunga deposito sudah dikenakan PPh Final.

Bunga PPh Final
Atas bunga apa saja yang dikenakan PPh Final?
1. Deposito/tabungan baik yang ditempatkan pada bank yang didirikan didalam negeri maupun bank diluar negeri melalui cabangnya di Indonesia.
2. Jasa giro
3. Diskonto Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Bukti Permulaan
adalah keadaan, perbuatan, dan/atau bukti berupa keterangan, tulisan, atau benda yang dapat memberikan petunjuk adanya dugaan kuat bahwa sedang atau telah terjadi suatu tindak pidana di bidang perpajakan yang dilakukan oleh siapa saja yang dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan negara.

Cara Dana Pensiun Tidak Dipotong PPh
Bagaimana Perusahaan Dana Pensiun mendapatkan pengecualian dari pemotongan PPh atas bunga deposito/tabungan dan diskonto SBI? Dengan mengajukan permohonan ke KPP tempat Perusahaan Dana Pensiun tersebut terdaftar untuk diterbitkan Surat Keterangan Bebas (SKB) pemotongan PPh atas bunga deposito/tabungan dan diskonto SBI. SKB diterbitkan untuk setiap sertifikat/bilyet/buku deposito, tabungan dan SBI.

Dividen
Yang termasuk dalam pengertian Dividen adalah:
1. Pembagian laba secara langsung atau tidak langsung, dengan nama dan dalam bentuk apapun
2. Pembayaran kembali karena likuidasi yang melebihi jumlah modal disetor
3. Pemberian saham bonus yang dilakukan tanpa penyetoran, termasuk yang berasal dari kapitalisasi agio saham
4. Pembagian Laba dalam bentuk saham
5. Pencatatan tambahan modal yang dilakukan tanpa penyetoran
6. Jumlah yang melebihi jumlah setoran sahamnya yang diterima atau diperoleh pemegang saham karena pembelian kembali saham-saham oleh perusahaan yang bersangkutan.

Fasilitas dalam Pembebasan Utang
Adalah keringangan pajak yang diberikan sehubungan dengan pembebasan utang (hair cut) melalui mediasi Satuan Tugas Prakarsa Jakarta.
1. PPh yang terutang atas keuntungan karena pembebasan utang (haircut) yang diperoleh debitor dibebaskan sebesar 30%
2. PPh yang terutang yang harus dibayar (70%) dapat diangsur pembayarannya sejak tanggal ketetapan pajak, paling lama 5 tahun
3. Apabila sebelum batas waktu 5 tahun berakhir perusahaan debitur dibubarkan atau dialihkan kepada pihak lain, maka PPh yang terutang wajib dibayar sekaligus pada saat perusahaan debitur dibubarkan atau dialihkan kepada pihak lain.

Gugatan
Adalah upaya hukum yang dapat diajukan Wajib Pajak atau Penanggung Pajak terhadap pelaksanaan penagihan pajak atau terhadap keputusan yang dapat diajukan gugatan berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

Hak dan Kewajiban Pemenang Undian
1.Menerima bukti potong PPh Final
2.Melaporkan penghasilan yang diperoleh dari undian dalam SPT Tahunan PPh dengan melampirkan Bukti Potong PPh Final.

Jangka Waktu Pengajuan Banding
Jangka waktu pengajuan banding diajukan dalam jangka waktu 3 bulan sejak tanggal keputusan yang dibanding, kecuali diatur lain dalam peraturan perundang-undangan perpajakan.

Keberatan
Adalah pernyataan ketidaksetujuan/kekurangpuasan Wajib Pajak atas sutau ketetapan pajak yang dikenakan kepadanya atau atas suatu pemotongan/pemungungat oleh pihak ketiga dalam pelaksanaan ketentuan peraturan perundang undangan perpajakan.

Kredit Pajak untuk Pajak Penghasilan
adalah pajak yang dibayar sendiri oleh Wajib Pajak ditambah dengan pokok pajak yang terutang dalam Surat Tagihan Pajak karena Pajak Penghasilan dalam tahun berjalan tidak atau kurang dibayar, ditambah dengan pajak yang dipotong atau dipungut, ditambah dengan pajak atas penghasilan yang dibayar atau terutang di luar negeri, dikurangi dengan pengembalian pendahuluan kelebihan pajak, yang dikurangkan dari pajak yang terutang.

Lama Pengajuan Keberatan
Pengajuan keberatan diajukan dalam jangka waktu 3 bulan sejak tanggal penerbitan SKPKB, SKPKBT, SKPLB, SKPN atau sejak tanggal dilakukan pemotongan/pemungutan oleh pihak ketiga.

Masa Pajak
adalah jangka waktu yang menjadi dasar bagi Wajib Pajak untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan pajak yang terutang dalam suatu jangka waktu tertentu sebagaimana ditentukan dalam Undang-Undang ini.

Metode Penyusutan Aktifa Tetap
Metoda penyusutan Aktiva Tetap yang diperkenankan UU Perpajakan adalah:
1.Metoda garis lurus (straight line method) dasar penyusutan adalah harga perolehan
2.Metoda saldo menurun (declining balance method) dasar penyusutan adalah nilai sisa buku fiskal.

Nilai Sisa Buku
Nilai Sisa Buku suatu harta yang dialihkan dibebankan sebagai kerugian pada:
1. Tahun terjadikan pengalihan tersebut,
2. Dengan persetujuan DJP, pada suatu masa kemudian dalam hal hasil penggantian asuransi atas harta tersebut baru dapat diketahui dengan pasti dimasa kemudian.
Ketentuan tersebut di atas tidak berlaku apabilia harta dialihkan untuk tujuan bantuan sumbangan, hibahan yang tidak ada hubungan dengan usaha, pekerjaan, kepemilikan, atau pengusahaan antara pihak pihak yang bersangkutan.

Nomor Pokok Wajib Pajak
adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Pajak
adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pajak yang terutang
adalah pajak yang harus dibayar pada suatu saat, dalam Masa Pajak, dalam Tahun Pajak, atau dalam Bagian Tahun Pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Pengusaha
adalah orang pribadi atau badan dalam bentuk apa pun yang dalam kegiatan usaha atau pekerjaannya menghasilkan barang, mengimpor barang, mengekspor barang, melakukan usaha perdagangan, memanfaatkan barang tidak berwujud dari luar daerah pabean, melakukan usaha jasa, atau memanfaatkan jasa dari luar daerah pabean.

Pengusaha Kena Pajak
adalah Pengusaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau penyerahan Jasa Kena Pajak yang dikenai pajak berdasarkan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai 1984 dan perubahannya.

Pekerjaan bebas
adalah pekerjaan yang dilakukan oleh orang pribadi yang mempunyai keahlian khusus sebagai usaha untuk memperoleh penghasilan yang tidak terikat oleh suatu hubungan kerja.

Pemeriksaan
adalah serangkaian kegiatan menghimpun dan mengolah data, keterangan, dan/atau bukti yang dilaksanakan secara objektif dan profesional berdasarkan suatu standar pemeriksaan untuk menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan dan/atau untuk tujuan lain dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Surat ketetapan pajak
adalah surat ketetapan yang meliputi Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan, Surat Ketetapan Pajak Nihil, atau Surat Ketetapan Pajak Lebih Bayar.

Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar
adalah surat ketetapan pajak yang menentukan besarnya jumlah pokok pajak, jumlah kredit pajak, jumlah kekurangan pembayaran pokok pajak, besarnya sanksi administrasi, dan jumlah pajak yang masih harus dibayar.

Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan
adalah surat ketetapan pajak yang menentukan tambahan atas jumlah pajak yang telah ditetapkan.

Surat Ketetapan Pajak Lebih Bayar
adalah surat ketetapan pajak yang menentukan jumlah kelebihan pembayaran pajak karena jumlah kredit pajak lebih besar daripada pajak yang terutang atau seharusnya tidak terutang.

Surat Ketetapan Pajak Nihil
adalah surat ketetapan pajak yang menentukan jumlah pokok pajak sama besarnya dengan jumlah kredit pajak atau pajak tidak terutang dan tidak ada kredit pajak.

Surat Paksa
adalah surat perintah membayar utang pajak dan biaya penagihan pajak.

Surat Pemberitahuan
adalah surat yang oleh Wajib Pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Surat Pemberitahuan Masa
adalah Surat Pemberitahuan untuk suatu Masa Pajak.

Surat Pemberitahuan Tahunan
adalah Surat Pemberitahuan untuk suatu Tahun Pajak atau Bagian Tahun Pajak.

Surat Setoran Pajak
adalah bukti pembayaran atau penyetoran pajak yang telah dilakukan dengan menggunakan formulir atau telah dilakukan dengan cara lain ke kas negara melalui tempat pembayaran yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan.

Surat Tagihan Pajak
adalah surat untuk melakukan tagihan pajak dan/atau sanksi administrasi berupa bunga dan/atau denda.

Tahun Pajak
adalah jangka waktu 1 (satu) tahun kalender kecuali bila Wajib Pajak menggunakan tahun buku yang tidak sama dengan tahun kalender.

Wajib Pajak
adalah orang pribadi atau badan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Sumber
UU 36 tahun 2008 PPh
UU 28 tahun 2007 KUP


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: