Oleh: Lukmanul Hakim Rusdi | 8 Mei 2011

Studi kasus Instrument Keuangan : PSAK 50,55

INTRUMENT KEUANGAN : Penyajian dan Pengungkapan

1. Pilihan dibawah ini yang merupakan aset yang bukan merupakan aset keuangan adalah;
a. Kas
b. Instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas lain
c. Hak kontraktual
d. biaya dibayar dimuka
Jawab : D
Pembahasan
PSAK 50 paragraph 7
Aset keuangan adalah setiap aset yang berbentuk
1) kas
2) instrument ekuitas yang diterbitkan entitas lain
3) hak kontraktual
– untuk menerima kas atau aset keuangan lainnya dari entitas lain
– untuk mempertukarkan aset keuangan/kewajiban keuangan dengan entitas lain dengan kondisi yang berpotensi menguntungkan entitas tersebut.
4) kontrak yang akan atau mungkin diselesaikan dengan menggunakan instrument ekuitas yang diterbitkan oleh entitas dan merupakan
– nonderifatif dimana entitas harus atau mungkin diwajibkan untuk menerima suatu jumlah yang bervariasi dari instrument ekuitas yang diterbitkan antitas.
– derivatif yang akan atau mungkin diselesaikan selain dengan mempertukarkan sejumlah tertentu kas atau aset keuangan lain dengan sejumlah tertentu instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas. Untuk tujuan ini instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas tersebut tidak termasuk intrument yang merupakan kontrak untuk menerima atau menyerahkan instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas tersebut dimasa depan.

2. Which of the following liabilities is a finansial liability?
a. Deffered revenue
b. A warrantly obligation
c. A constructive obligation
d. An obligation to deliver own shares with a fixed amount of cash
Jawab : A
Pembahasan : PSAK 50 paragraph 07
Kewajiban keuangan adalah setiap kewajiban yang berupa
1. Kewajiban kontraktual
– untuk menyerahkan kas atau aset keuangan lain kepada entitas lain
– untuk mempertukarkan aset keuangan atau kewajiban keuangan dengan entitas lain dengan kondisi yang berpotensi tidak menguntungkan entitas tersebut.
2. Kontrak yang akan atau mungkin diselesaikan dengan menggunakan instrument ekuitas yang diterbitkan entitas dan merupakan suatu
– nonderivatif dimana entitas harus atau mungkin diwajibkan untuk menerima suatu jumlah yang bervariasi dari instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas; atau
– derivatif yang akan atau mungkin diselesaikan selain dengan mempertukarkan sejumlah tertentu kas atau aset keuangan lain dengan sejumlah tertentu instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas. Untuk tujuan ini, instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas tersebut tidak termasuk intrumen yang merupakan kontrak untuk menerima atau menyerahkan instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas tersebut dimasa depan

3. Which of the instrument would not be clasified as a finansial liability?
a. A preference share that will be redemeed by the issuer for a fixed amount of cash on a future date (i.e the entity has an ountstanding share that it will repurchase at a future date).
b. A contract for delivery of asa many of entity’s ordinary shares as are equal in value ta $100.000 on a future date (i.e entity will issue a variable number of own shares in return for cash a future date).
c. A written call option that gives the holder the right purchase a fixed number of entity’s ordinary shares in return for a fixed price (i.e the entity would issu a fixed number of own shares in return for cash, if the option is exercised by the holder, at a future date).
d. An issued perpetual debt instrument (i.e debt instrument for which interest will be paid for all eternity, but the principal will not be repaid.
JAWAB : C
Pembahasan : PSAK 50 paragraph 07
Intrument ekuitas : adalah setiap kontrak yang memberikan hak resedual atas aset suatu entitas setelah dikurangi dengan seluruh kewajibannya.
Contoh instrument ekuitas adalah :
– saham biasa (yang tidak dapat dijual kembali kepada issuer oleh pemegangnya.
– warrat atau written call options (yang memperbolehkan pemegangnya untuk memesan atau memberli sejumlah lembar saham biasa yang bersifat non puttable pada harga yang telah ditetapkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: